PROFIL YAYASAN GUGAH NURANI INDONESIA

Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI) adalah sebuah organisasi kemanusiaan non-pemerintah yang memulai programnya pada 11 Januari 2005 tepat dua minggu setelah bencana tsunami melanda Aceh. Pada saat itu, kami menggunakan nama “Good Neighbors Indonesia” yang merupakan afiliasi dari Good Neighbors International.

Good Neighbors International merupakan sebuah organisasi kemanusiaan yang didirikan di Seoul, Korea Selatan sejak tahun 1991. GNI telah mendukung lebih dari 17 juta orang dan 9,6 juta anak-anak pada 32 negara di dunia. Good Neighbors merupakan NGO internasional pertama di Korea yang memperoleh status Badan Penasehat Umum yakni status dengan tingkat tertinggi yang diberikan oleh UN ECOSOC (United Nation Economic Social Council) dan  meraih penghargaan MDG pada tahun 2007 untuk pencapaian pendidikan dasar secara universal.

Pada saat ini, Yayasan GNI sudah memiliki 13 lokasi proyek pengembangan masyarakat yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia, yaitu: Meulaboh – Aceh Barat, Rawa Badak – Jakarta Utara, Menteng – Jakarta Pusat, Cakung Timur – Jakarta Timur, Medan – Sumatra Utara, Medan Deli Serdang – Sumatra Utara, Padang – Sumatera Barat dan Sukabumi – Jawa Barat, Bogor- Jawa Barat, Surabaya – Jawa timur, Yogyakarta – Jawa Tengah, Bekasi – Jawa Barat, dan juga Lombok – NTB. Pada seluruh daerah proyek tersebut, kami mendukung sekitar 7.800 anak usia sekolah yang kurang mampu. Sejak awal kami melakukan semua program yang berkenaan dengan pilar-pilar yang tercantum dalam Sasaran Pembangunan Millenium atau yang lebih dikenal dengan Millenium Development Goals (MDG), seperti upaya untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan kelaparan, pendidikan secara universal dan menjamin kelestarian lingkungan hidup.

 

Pernyataan Misi GNI:

  • Kami bekerja di setiap tempat di mana ada kebutuhan, tanpa memandang ras, agama, ideologi, ataupun kendala geografis.
  • Kami mempromosikan pembangunan yang berkesinambungan dari individu, keluarga dan masyarakat untuk kemandirian mereka.
  • Kami menempatkan hak-hak anak sebagai prioritas utama.
  • Kami menciptakan suara kewarganegaraan global yang membuat orang menghormati satu sama lain dan hidup bersama secara harmonis.
  • Kami memobilisasi dan mengorganisir relawan lokal untuk berpartisipasi dalam mengembangkan komunitas mereka.
  • Kami bekerja sama dengan mitra kami yang memiliki visi yang sama.
  • Kami memiliki pertanggungjawaban profesional dan melaporkan kemajuan proyek kami dan kondisi keuangan secara transparan.
  • Kami mendorong orang untuk berpartisipasi dalam pekerjaan kami dengan menjadi anggota GNI.

Leave a comment